More

    Satu Lagi Dosen Unsyiah Positif Covid-19


    Satu lagi dosen Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dikabarkan positif Covid-19. Dosen yang satu ini juga perempuan, seperti halnya EM, Dosen Fakultas Pertanian Unsyiah yang terkonfirmasi positif corona bulan lalu. Dosen senior yang baru terinfeksi virus corona berinisial R, mengajar di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

    “Ya, hasil uji PCR di lab kita beliau positif Covid,” kata Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng seperti diberitakan Serambinews.com, Minggu (9/8/2020).

    Menurut Prof Samsul, Dosen FMIPA Unsyiah itu diketahui positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab di Laboratorium Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unsyiah tadi malam. Sebagai tindak lanjutnya, kata Samsul, pihak Lab Penyakit Infeksi Unsyiah segera melaporkan pagi ini ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh hasil swab Dosen R agar segera ditangani sebagaimana mestinya.

    Berbeda dengan beberapa institusi di Aceh, Unsyiah terkenal paling transparan dalam mengabarkan kepada publik jika ada dosen atau tenaga pendidikan (staf akademik)-nya yang positif Covid-19. Selain EM dan R, dua staf akademik di universitas itu juga pernah dikabarkan terinfeksi virus corona, sehingga ruang kerja dan bangunan tempat mereka bekerja langsung didisinfektan. Langkah serupa, menurut Samsul, juga segera dilakukan di FMIPA Unsyiah setelah R diketahui positif Covid-19.

    “Kita tidak pernah tutupi siapa pun staf kita yang positif Covid-19. Toh Covid bukan aib, kenapa harus ditutupi? Semakin cepat diketahui staf yang positif Covid, maka makin cepat dan terarah tindakan medis yang dilakukan terhadapnya,” kata Samsul.

    Samsul juga menyebutkan, selain dosen dan staf akademik, mahasiswa Unsyiah yang sedang menjalani program pendidikan dokter spesialis (PPDS) juga banyak yang positif Covid-19. Sejauh ini sudah 39 dari 392 orang mahasiswa PPDS di Unsyiah yang positif Covid-19. Paling banyak PPDS yang terkonfirmasi positif Covid-19 justru pada tanggal 5 Agustus 2020.

    Saat itu, kata Samsul, dari 67 orang yang hasil swab-nya di Lab Penyakit Infeksi Unsyiah positif, terdapat 20 mahasiswa PPDS Unsyiah yang berada di Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin Banda Aceh.

    “Jadi, Unsyiah pun sangat terdampak oleh pandemi Covid-19 ini. Oleh karenanya, semua kita harus waspada dan disiplin mematuhi protokol kesehatan, jangan ceroboh dan menganggap enteng seolah Covid-19 sudah berakhir,” kata Samsul.

    Berita Terbaru

    Balitbangkes Pusat: Akurasi Lab Infeksi USK 100%

    Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Pusat  (Balitbangkes) Kementrian Kesehatan Republik Indonesia menyampaikan laporan hasil uji konfirmasi laboratorium untuk...

    Tim Satgas Covid-19 USK Kunjungi Walikota Banda Aceh

    Tim Satuan Tugas Covid-19 Universitas Syiah Kuala melakukan kunjungan ke Pendopo Walikota Banda Aceh. Tim Satgas Covid-19 USK ini dipimpin oleh Rektor...

    Kasus Covid-19 masih Tinggi, Unsyiah Perpanjang Kuliah Daring

    Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng memutuskan untuk memperpanjang kegiatan perkuliahan daring di Unsyiah sampai bulan Desember 2020. ...

    Unsyiah Kumpulkan Peneliti Dunia di ICVAES Bahas Solusi Covid-19

    Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala menyelenggarakan konferensi 2nd International Conference on Veterinary, Animal, and Environmental Sciences (ICVAES 2020)  yang menghadirkan para ilmuwan atau ahli one...

    Rektor Unsyiah: Aceh Perlu Batasi Aktivitas demi Cegah Penyebaran Covid-19

    Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng mengatakan pemerintah Aceh perlu menerapkan aturan tegas yaitu membatasi aktivitas di luar...

    Info Terkait

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Stay on op - Ge the daily news in your inbox