More

    Pemkab Aceh Tengah Jajaki Kerjasama dengan Unsyiah Terkait Pemeriksaan Swab

    Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, sedang menjajaki kerjasama dengan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, terkait dengan pemeriksaan swab Covid-19. Penjajakan kerjasama tersebut, untuk mempercepat mengetahui hasil pemeriksaan swab bagi warga yang diduga terpapar virus corona.

    Pasalnya, pemeriksaan swab untuk 67 warga Kabupaten Aceh Tengah yang dilakukan di Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes Aceh), sampai dengan saat ini, belum juga keluar.

    “Kami sudah mengirimkan specimen sejak tanggal 29 Juli lalu, tapi sampai sekarang belum juga keluar hasilnya dari Balitbangkes Aceh,” kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Aceh Tengah, dr Yunasri kepada Serambinews.com, Kamis (6/8/2020).

    Menurut Yunasri, belum keluarnya hasil swab dari Balitbangkes Aceh, berdampak kepada nasib 67 warga Aceh Tengah yang menunggu hasil swab tetapi belum juga keluar.

    “Makanya, hari ini kami mencoba menjajaki kerjasama dengan Unsyiah untuk proses pemeriksaan swab ini,” tuturnya.

    Dia sebutkan, puluhan warga yang menunggu hasil pemeriksaan swab, sudah menjalani proses isolasi sejak diketahui melakukan kontak langsung dengan pasien terkonfirmasi positif.

    “Mereka sudah beberapa hari menjalani isolasi, dan ingin tahu seperti apa hasilnya. Kalau nanti, tidak bisa juga dilakukan pemeriksaan disini, terpaksa kita kirim ke Jakarta,” sebut Yunasri.  

    Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Aceh Tengah sampai dengan Kamis (6/8/2020) berjumlah delapan orang. Dua orang diataranya dirawat di RSU Zainoel Abidin, Banda Aceh serta enam orang lagi dirawat di ruang isolasi RSU Datu Beru, Takengon.

    Dari delapan orang tersebut, jumlah yang sembuh masih nihil, begitu juga pasien meninggal dunia masih nihil. Sementara itu, ada sekitar 67 orang warga Kabupaten Aceh Tengah, masih menjalani proses isolasi sembari menunggu hasil pemeriksaan swab yang sampai dengan saat ini belum juga keluar.

    Berita Terbaru

    Balitbangkes Pusat: Akurasi Lab Infeksi USK 100%

    Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Pusat  (Balitbangkes) Kementrian Kesehatan Republik Indonesia menyampaikan laporan hasil uji konfirmasi laboratorium untuk...

    Tim Satgas Covid-19 USK Kunjungi Walikota Banda Aceh

    Tim Satuan Tugas Covid-19 Universitas Syiah Kuala melakukan kunjungan ke Pendopo Walikota Banda Aceh. Tim Satgas Covid-19 USK ini dipimpin oleh Rektor...

    Kasus Covid-19 masih Tinggi, Unsyiah Perpanjang Kuliah Daring

    Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng memutuskan untuk memperpanjang kegiatan perkuliahan daring di Unsyiah sampai bulan Desember 2020. ...

    Unsyiah Kumpulkan Peneliti Dunia di ICVAES Bahas Solusi Covid-19

    Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala menyelenggarakan konferensi 2nd International Conference on Veterinary, Animal, and Environmental Sciences (ICVAES 2020)  yang menghadirkan para ilmuwan atau ahli one...

    Rektor Unsyiah: Aceh Perlu Batasi Aktivitas demi Cegah Penyebaran Covid-19

    Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng mengatakan pemerintah Aceh perlu menerapkan aturan tegas yaitu membatasi aktivitas di luar...

    Info Terkait

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Stay on op - Ge the daily news in your inbox