More

    Mahasiswa Unsyiah Mengikuti KKN Tematik Covid-19 di Labuhanhaji


    Puluhan mahasiswa Universitas Syiahkuala (Unsyiah) mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik Covid-19 di Kecamatan Labuhanhaji, Kabupaten Aceh Selatan. Kegiatan KKN Tematik Covid-19 ini dilaksanakan selama tiga bulan dimulai dari 4 Mei 2020 – 4 Juli 2020 dan sekarang sudah masuk minggu kelima.

    “Saya dan teman-teman yang mengikuti KKN ini seluruh nya berasal dari Labuhanhaji dan juga berasal dari berbagai Fakultas yang ada di Universitas jantong hate rakyat Aceh tersebut,” kata Ketua Kelompok 143 KKN Tematik Covid-19 UNSYIAH Tahun 2020, Ferdinal Sukman Nur seperti diberitakan Serambinews.com.

    Kata Ferdinal, setiap minggunya para mahasiswa ini melakukan berbagai kegiatan, baik itu kegiatan kelompok bagi yang daerah tempat tinggalnya berdekatan, maupun kegiatan pribadi bagi yang daerah tempat tinggalnya berjauhan.

    “Kegiatan yang kami lakukan tidak terlepas dari protokol pencegahan Covid-19, baik itu dilakukan secara langsung (tatap muka) maupun online/daring (dalam jaringan),” ungkapnya.

    Ferdinal juga mengatakan bahwa, pada kegiatan itu mereka juga menerapkan ilmu yang diperoleh di kampus melalui program pribadi sesuai bidang masing-masing yang dapat memberi solusi dalam Pencegahan Covid-19.

    “Seperti, penerapan ilmu Fisika yaitu pembuatan water treatment sederhana untuk mendapatkan air bersih, Teknik Geologi membuat peta fasilitas kesehatan gampong, Ilmu Hukum membentuk rancangan qanun (Raqan) dan juga Bimbingan Konseling mengadakan Bimbingan secara daring,” ungkapnya.

    Pada kesempatan itu, Ferdinal teman-temannya mengajak masyarakat setempat khususnya Desa Hulu Pisang, untuk selalu menjaga jarak, menggunakan masker, menjaga kesehatan dan pola hidup sehat, serta melakukan Edukasi Pencegahan Covid-19 kepada anak-anak.

    “Mulai dari memakai masker, cara cuci tangan yang baik dan benar, dan pola hidup sehat,” ungkapnya.

    Selain mengajak dan mengedukasi, tambahnya, para mahasiswa KKN ini juga mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan sebagai upaya pencegahan Penularan Covid-19. Sosialisasi dan pelatihan yang dilakukan yaitu pembuatan Handsanitizer dari Bahan Alami, seperti daun sirih dan jeruk nipis.

    “Dalam sosialisasi kami juga memfasilitasi masker kepada para peserra yang hadir, agar dapat menerapkan protokol Pencegahan Covid-19. Acara Sosialisasi Pembuatan Handsanitizer di sambut langsung oleh Keuchik Hulu Pisang, Naldi,” pungkasnya.

    Berita Terbaru

    Balitbangkes Pusat: Akurasi Lab Infeksi USK 100%

    Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Pusat  (Balitbangkes) Kementrian Kesehatan Republik Indonesia menyampaikan laporan hasil uji konfirmasi laboratorium untuk...

    Tim Satgas Covid-19 USK Kunjungi Walikota Banda Aceh

    Tim Satuan Tugas Covid-19 Universitas Syiah Kuala melakukan kunjungan ke Pendopo Walikota Banda Aceh. Tim Satgas Covid-19 USK ini dipimpin oleh Rektor...

    Kasus Covid-19 masih Tinggi, Unsyiah Perpanjang Kuliah Daring

    Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng memutuskan untuk memperpanjang kegiatan perkuliahan daring di Unsyiah sampai bulan Desember 2020. ...

    Unsyiah Kumpulkan Peneliti Dunia di ICVAES Bahas Solusi Covid-19

    Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala menyelenggarakan konferensi 2nd International Conference on Veterinary, Animal, and Environmental Sciences (ICVAES 2020)  yang menghadirkan para ilmuwan atau ahli one...

    Rektor Unsyiah: Aceh Perlu Batasi Aktivitas demi Cegah Penyebaran Covid-19

    Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng mengatakan pemerintah Aceh perlu menerapkan aturan tegas yaitu membatasi aktivitas di luar...

    Info Terkait

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Stay on op - Ge the daily news in your inbox