More

    Unsyiah Target 0,5 Persen Penduduk Aceh Ikuti Tes Swab

    Univeristas Syiah Kuala (Unsyiah) Kota Banda Aceh menargetkan 0,5 persen dari total 5,3 juta penduduk Aceh bisa mengikuti pemeriksaan swab terkait COVID-19, seiring menuju penerapan normal baru (new normal).

    “Kita kerjasama dengan Kota Banda Aceh, nanti dengan kabupaten/kota lain, sehingga suatu saat itu bisa memenuhi tahapan pertama mungkin 0,5 persen dari penduduk Aceh,” kata Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal di Banda Aceh, seperti diberitakan Antaranews.

    Pernyataan itu disampaikan Samsul di sela-sela Pemko Banda Aceh meluncurkan pemeriksaan swab massal bagi 1.300 warga Banda Aceh atau 0,5 persen dari 260 ribu penduduk Banda Aceh, yang bekerjasama dengan Unsyiah.

    Menurutnya, Unsyiah memiliki sekitar 10 orang lebih ahli yang dapat menangani pemeriksaan spesimen swab tenggorokan warga di laboratorium Unsyiah, dengan metode polymerase chain reaction (PCR).

    Laboratorium di Unsyiah dapat melakukan uji pemeriksaan sampel swab sebanyak 384 spesimen dalam sehari. Dan hasilnya dapat diketahui dalam lima jam ke depan.

    “Insyaa Allah dalam satu pekan ini kita selesaikan tes secara PCR di Kota Banda Aceh, sekitar 1.300 orang,” ujarnya, menjelaskan.

    Profi Samsul menjelaskan masyarakat Aceh tidak ingin terus-menerus untuk memakai masker, maka salah satunya yang harus dilakukan adalah pemeriksaan COVID-19. Hal itu, lanjut dia, agar seluruh kabupaten/kota di Tanah Rencong itu dapat melihat tingkat penyebaran virus yang berasal dari Kota Wuhan, China tersebut.

    “Kalau nanti hasil tes PCR ini menandakan tidak ada kontak di lokal, sehingga Pak Wali dan seluruh pihak di Aceh dapat mengatakan kita bebas COVID-19, sehingga anak-anak kita bisa sekolah seperti semula, menuju normal baru,” katanya.

    Berita Terbaru

    Balitbangkes Pusat: Akurasi Lab Infeksi USK 100%

    Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Pusat  (Balitbangkes) Kementrian Kesehatan Republik Indonesia menyampaikan laporan hasil uji konfirmasi laboratorium untuk...

    Tim Satgas Covid-19 USK Kunjungi Walikota Banda Aceh

    Tim Satuan Tugas Covid-19 Universitas Syiah Kuala melakukan kunjungan ke Pendopo Walikota Banda Aceh. Tim Satgas Covid-19 USK ini dipimpin oleh Rektor...

    Kasus Covid-19 masih Tinggi, Unsyiah Perpanjang Kuliah Daring

    Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng memutuskan untuk memperpanjang kegiatan perkuliahan daring di Unsyiah sampai bulan Desember 2020. ...

    Unsyiah Kumpulkan Peneliti Dunia di ICVAES Bahas Solusi Covid-19

    Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala menyelenggarakan konferensi 2nd International Conference on Veterinary, Animal, and Environmental Sciences (ICVAES 2020)  yang menghadirkan para ilmuwan atau ahli one...

    Rektor Unsyiah: Aceh Perlu Batasi Aktivitas demi Cegah Penyebaran Covid-19

    Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng mengatakan pemerintah Aceh perlu menerapkan aturan tegas yaitu membatasi aktivitas di luar...

    Info Terkait

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Stay on op - Ge the daily news in your inbox