More

    Tiadakan Wisuda, Lulusan Unsyiah Tetap Terima Ijazah

    Universitas Syiah Kuala melalui Surat Edaran Wakil Rektor Bidang Akademik Nomor: B/1525/UN11/WA.00.01/2020 meniadakan prosesi wisuda untuk periode Februari – April 2020. Keputusan ini diambil karena masa pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) di lingkungan Unsyiah telah diperpanjang. (Banda Aceh, 2/4/2020).

    Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng mengatakan, Karena keputusan tersebut, maka lulusan Unsyiah untuk periode kali ini langsung diberikan ijazah. Rencananya, ijazah tersebut akan diberikan pada Mei 2020.

    “Nantinya, ijazah ini diberikan langsung kepada lulusan dengan cara mengambilnya di Sub Bagian  Akademik Fakultas/Pascasarjana masing-masing. Proses pengambilan ijazah harus mengikuti protokol pencegahan penyebaran Covid-19,” ucap Rektor.

    Rektor mengungkapkan, Unsyiah harus mengambil kebijakan untuk meniadakan wisuda, sebab kondisi wabah Covid-19 sampai saat ini masih belum mereda. Untuk itulah, kegiatan wisuda tidak mungkin dilaksanakan karena kegiatan tersebut mengumpulkan banyak orang.

     Meskipun demikian, Rektor memastikan bahwa hal tersebut tidak mengurangi makna kelulusan bagi setiap alumni Unsyiah.

    “Kita paham, bagi sebagian orang wisuda adalah momen yang sangat berharga. Tapi kondisi sekarang tidak memungkinkan untuk melaksanakan hal itu. Namun percayalah, Unsyiah tetap bangga dan mengapresiasi setiap lulusannya,” ucap Rektor.

    Di sisi lain, Rektor menegaskan, peniadaan wisuda ini juga bertujuan agar lulusan Unsyiah bisa segera mendapatkan ijazah. Dengan demikian, mereka bisa memanfaatkan ijazah tersebut untuk mencari kerja atau hal lainnya. Tanpa harus menunggu prosesi wisuda yang belum bisa dipastikan pelaksanaannya.

    “Kalau wisuda ditunda, maka otomatis ijazah tidak bisa diberikan. Jadi kita putuskan untuk meniadakan wisuda kali ini, sehingga lulusan Unsyiah bisa segera memiliki ijazah mereka,” ucap Rektor.

    Namun Rektor juga mengungkapkan, sekiranya kondisi telah kondusif sehingga wisuda periode Mei – Juli bisa dilaksanakan pada Agustus nanti. Maka lulusan periode Fabruari – April 2020 ini, boleh mendaftarkan dirinya untuk mengikuti wisuda pada bulan Agustus.

    Seperti diketahui, Unsyiah melalui Surat Edaran Rektor telah memperpanjang masa pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan Unsyiah, yang sebelumnya sampai 30 Maret 2020 diperpanjang sampai akhir semester genap 2019/2020. Akibatnya, kegiatan akademik di kampus dihentikan pada masa itu.

    Berita Terbaru

    Balitbangkes Pusat: Akurasi Lab Infeksi USK 100%

    Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Pusat  (Balitbangkes) Kementrian Kesehatan Republik Indonesia menyampaikan laporan hasil uji konfirmasi laboratorium untuk...

    Tim Satgas Covid-19 USK Kunjungi Walikota Banda Aceh

    Tim Satuan Tugas Covid-19 Universitas Syiah Kuala melakukan kunjungan ke Pendopo Walikota Banda Aceh. Tim Satgas Covid-19 USK ini dipimpin oleh Rektor...

    Kasus Covid-19 masih Tinggi, Unsyiah Perpanjang Kuliah Daring

    Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng memutuskan untuk memperpanjang kegiatan perkuliahan daring di Unsyiah sampai bulan Desember 2020. ...

    Unsyiah Kumpulkan Peneliti Dunia di ICVAES Bahas Solusi Covid-19

    Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala menyelenggarakan konferensi 2nd International Conference on Veterinary, Animal, and Environmental Sciences (ICVAES 2020)  yang menghadirkan para ilmuwan atau ahli one...

    Rektor Unsyiah: Aceh Perlu Batasi Aktivitas demi Cegah Penyebaran Covid-19

    Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng mengatakan pemerintah Aceh perlu menerapkan aturan tegas yaitu membatasi aktivitas di luar...

    Info Terkait

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Stay on op - Ge the daily news in your inbox